Jenis dan Kegunaan Belt
Jenis dan kegunaan Belt
Belt memindahkan
tenaga melalui kontak antara belt dengan katrol pipa dan katrol. Belt didorong
oleh gaya gesekan mengemudi, kapasitas Belt untuk memindahkan daya sesuai
dengan kriteria berikut.
- Ketegangan belt ke katrol.
- Gesekan antara belt dan katrol.
- Angle kontak antara belt dan katrol.
- gear belt.
Jenis Belt
Di bawah ini, akan dijelaskan berbagai jenis belt yang sudah ada dan digunakan
untuk keperluan otomotif dan untuk konstruksi lain.
Round belts adalah karet padat atau karet dengan tali. Sabuk ini hanya digunakan untuk beban ringan seperti film proyektor Machian menjahit.
Penggunaan flat belts berkurang karena penggunaan V-belt
pada sistem transfer energi. Flat belt terbuat dari tali kain kain dan karet. Flat
belt tidak semakin banyak digunakan karena mereka membutuhkan katrol yang lebih
besar, tempat yang luas dan kurang fleksibel. Flat belt juga digunakan sebagai
penyampaian sabuk ketika sabuk membawa beban. Flat belt umumnya digunakan
sebagai transfer daya tinggi untuk mesin latihan terpisah dengan mesin
mobilisasi. Contoh: Sawmills.
banyak digunakan untuk memindahkan beban antara katrol yang
pendek. Gaya flip dihasilkan oleh bentuk alur V. gaya traksi atau pemuatan
terbesar menghasilkan gaya berbalik sabuk yang kuat. Keuntungan dari v-belltes
adalah sebagai berikut.
- Gaya kegagalan sabuk memungkinkan sudut kontak yang lebih
kecil dan perbandingan kecepatan yang lebih tinggi.
- Mengurangi kejutan terhadap mesin dan bantalan karena
perubahan beban.
- Memiliki tingkat getaran dan kebisingan yang lebih rendah.
- Mudah dan cepat dalam penggantian dan perawatan.
- Efisiensi transmisi tinggi (mencapai 45%).
Banded V-Belts adalah pita cetak permanen multi-sabuk.
Banded V-Belts mengurangi timbulnya masalah pada penggerak
dimana belts bergeser, melintir dan terlepas dari alurnya.
Linked V-Belts tersusun dari beberapa jenis sabuk yang
menyatu satu sama lain. Digunakan untuk driver besar dengan jarak sentral
tetap, di mana ada kesulitan dalam memastikan ukuran sabuk yang tersisa.
Timing belt adalah tindakan yang digabungkan antara string
dan pinion dalam bentuk pita datar. Bentuk dasar adalah flat yang memiliki
ukuran yang sama di permukaan kotak dengan gigi katrol. Sebagai rantai
mengemudi, itu membutuhkan kelurusan dalam taring katrol. Keuntungan dari timing
belt adalah sebagai berikut.
- Tidak ada variasi slippage atau kecepatan.
- Membutuhkan perawatan ringan.
- Mampu digunakan pada kisaran pengisian yang lebar.
- Memiliki efisiensi mekanis yang tinggi karena tidak ada
gesekan atau geser, tegangan awal berkurang dan memiliki konstruksi tipis.
V-Ribbed Brlts adalah kombinasi dari sabuk V dibagian luar.
Lapisan pusat penguat ada dalam daftar sabuk. Sebagai sabuk V, kemungkinan
memindahkan daya sesuai dengan memiringkan antara alur dan belt.
Itulah beberapa informasi mengenai jenis belt.
Komentar
Posting Komentar