Jenis dan Kegunaan Belt

 


Jenis dan kegunaan Belt


Belt memindahkan tenaga melalui kontak antara belt dengan katrol pipa dan katrol. Belt didorong oleh gaya gesekan mengemudi, kapasitas Belt untuk memindahkan daya sesuai dengan kriteria berikut.

- Ketegangan belt ke katrol.

- Gesekan antara belt dan katrol.

- Angle kontak antara belt dan katrol.

- gear belt.

 

Jenis Belt

Di bawah ini, akan dijelaskan  berbagai jenis belt yang sudah ada dan digunakan untuk keperluan otomotif dan untuk konstruksi lain.

 

Rounds Belts

Round belts adalah karet padat atau karet dengan tali. Sabuk ini hanya digunakan untuk beban ringan seperti film proyektor Machian menjahit.


Flat Belts

Penggunaan flat belts berkurang karena penggunaan V-belt pada sistem transfer energi. Flat belt terbuat dari tali kain kain dan karet. Flat belt tidak semakin banyak digunakan karena mereka membutuhkan katrol yang lebih besar, tempat yang luas dan kurang fleksibel. Flat belt juga digunakan sebagai penyampaian sabuk ketika sabuk membawa beban. Flat belt umumnya digunakan sebagai transfer daya tinggi untuk mesin latihan terpisah dengan mesin mobilisasi. Contoh: Sawmills.


V-Belts

banyak digunakan untuk memindahkan beban antara katrol yang pendek. Gaya flip dihasilkan oleh bentuk alur V. gaya traksi atau pemuatan terbesar menghasilkan gaya berbalik sabuk yang kuat. Keuntungan dari v-belltes adalah sebagai berikut.

- Gaya kegagalan sabuk memungkinkan sudut kontak yang lebih kecil dan perbandingan kecepatan yang lebih tinggi.

- Mengurangi kejutan terhadap mesin dan bantalan karena perubahan beban.

- Memiliki tingkat getaran dan kebisingan yang lebih rendah.

- Mudah dan cepat dalam penggantian dan perawatan.

- Efisiensi transmisi tinggi (mencapai 45%).

 

Banded V-Belts

Banded V-Belts adalah pita cetak permanen multi-sabuk. Banded V-Belts mengurangi timbulnya masalah pada penggerak dimana belts bergeser, melintir dan terlepas dari alurnya. 


Linked V-Belts

Linked V-Belts tersusun dari beberapa jenis sabuk yang menyatu satu sama lain. Digunakan untuk driver besar dengan jarak sentral tetap, di mana ada kesulitan dalam memastikan ukuran sabuk yang tersisa.

 

Timing Belt

Timing belt adalah tindakan yang digabungkan antara string dan pinion dalam bentuk pita datar. Bentuk dasar adalah flat yang memiliki ukuran yang sama di permukaan kotak dengan gigi katrol. Sebagai rantai mengemudi, itu membutuhkan kelurusan dalam taring katrol. Keuntungan dari timing belt adalah sebagai berikut.

- Tidak ada variasi slippage atau kecepatan.

- Membutuhkan perawatan ringan.

- Mampu digunakan pada kisaran pengisian yang lebar.

- Memiliki efisiensi mekanis yang tinggi karena tidak ada gesekan atau geser, tegangan awal berkurang dan memiliki konstruksi tipis.

 

V-Ribbed Belts

V-Ribbed Brlts adalah kombinasi dari sabuk V dibagian luar. Lapisan pusat penguat ada dalam daftar sabuk. Sebagai sabuk V, kemungkinan memindahkan daya sesuai dengan memiringkan antara alur dan belt.


Itulah beberapa informasi mengenai jenis belt.

Komentar